Postingan usbfile pastekan kembali contoh format Proposal permohonan bantuan dana untuk pengadaan sarana meubelair sekolah, contoh format proposal ini untuk madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs), madrasah aliyah (MA), Sekolah dan juga RA.
Berikut contoh proposal permohonan bantuan dana sarana meubelair sekolah atau madrasah :
PROPOSAL PENGADAAN
BANTUAN SARANA MEUBELAIR
MADRASAH ........./ SEKOLAH..........
TAHUN 2019
KOP. MADRASAH / SEKOLAH
Alamat : Jl/Kp.............. Desa/Kelurahan..........
Kecamatan .............. Kabupaten...............Provinsi................ kode POS.......
Tlp/Hp: ..............E-mail : ..........
KOP . MADRASAH / SEKOLAH
Alamat lengkap : ......................................................
=====================================================
Nomor : ................................./2019
Lamp : 1 (satu) berkas
Perihal : Permohonan Bantuan Sarana Meubelair
Tahun Anggaran 2019
Kepada Yth.
Direktur BANK INDONESIA
DEPARTEMEN KOMUNIKASI DIVISI PSBI DAN HUBUNGAN STAKEHOLDERS
KOMPLEK PERKANTORAN BANK INDONESIA, GEDUNG THAMRIN Lt. 1
JL. MH THAMRIN NO. 02 JAKARTA PUSAT 10110
Di
Jakarta.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan Hormat,
Dalam rangka meningkatkan kesempatan dan mutu layanan pendidikan dalam mengentaskan program wajib belajar 12 tahun di Tahun Pelajaran 2019/2020. Kami sampaikan proposal permohonan Bantuan Sarana Prasarana Meubelair Madrasah/ Sekolah ............ Kabupaten ............ Provinsi ....................
Melalui proposal ini, kami sangat mengharapkan adanya bantuan subsidi dari Bank Indonesia, sehingga kebutuhan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
Dengan ini kami sampaikan usulan permohonan bantuan dana pengadaan Mebelair dengan Anggaran Biaya sebesar Rp. 40.000.000,-(Empat Puluh Juta Rupiah)
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, kami lampirkan :
1) Proposal permohonan, dan
2) RAB 1 paket
3) Data-data pendukung lainnya.
Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan perkenannya, kami haturkan banyak terima kasih.
Wassalam.
..................... , 3 Juni 2019
Kepala Madrasah/Sekolah
________________________
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, kami dapat menyelesaikan proposal Permohonan Bantuan Sarana Prasarana Meubelair dan Komputer bagi Madrasah/Sekolah................. Sarana dan Prasarana merupakan factor penting dalam memfasilitasi kegiatan KBM, diantara gedung serta meubiler .
Upaya mengatasi permasalahan di atas, tentunya memerlukan pengkajian terhadap masalah-masalah yang dianggap penting dengan menggunakan skala prioritas. Dari sejumlah permasalahan yang dipaparkan di atas, salah satunya substansi yang selalu menjadi pusat perhatian dalam inplementasi pendidikan adalah tenaga pendidik, sarana dan prasarana. Karena factor tersebut menjadi ujung tombak dalam rangka memajukan pendidikan itu menjadi bermutu, baik proses maupun hasilnya. Jika factor tersebut menjadi substansi yang menjadi pusat dalam rangka meningkatkan mutu proses belajar mengajar, maka akan sangat efisien pendidikan.
Langkah awal dalam penyusunan suatu program adalah menentukan kebutuhan. Persoalan yang muncul adalah apa dan bagaimana menentukan kebutuhan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan bagi siswa Madrasah/Sekolah................. dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dapat dipilih dalam memberikan perlakuan terhadap sasaran. Karena dengan pengajuan permohonan ini akan dapat membantu siswa di Madrasah/Sekolah................. untuk mensejajarkan dengan siswa-siswa di sekolah lainnya dan akan merasa mendapat pelayanan pendidikan yang lebihbaik. Tentunya perlu mendapat perhatian tentang sarana dan prasarana yang memadai agar dapatmencapai program yang kitainginkan dengan tenagakerja yang professional dan kompeten untuk meningkatkan pelayanan siswa Madrasah/Sekolah................. di kancah mutu pendidikan nasional.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Alasan Pengajuan Usulan Bantuan Prioritas pembangunan pendidikan di bidang pendidikan anak-anak sekolah menengah diantaranya adalah perluasan memperoleh sarana dan prasarana.
Diantara masalah umum yang dihadapi oleh masyarakat golongan ekonomi menengah kebawah, adalah ketidakterpenuhi sarana dan prasarana sekolah sehingga siswa menghadapi ketidaknyamanan dalam proses KBM .Sementara baik di bidang pendidikan maupun kemasyarakatan hendaknya dipersiapkan SDM yang baik dan siap pakai.
1.2 Dasar Hukum
Adapun dasar hukum, permohonan bantuan ini diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Undang-Undang No.2 Tahun 1989 tentang pendidikan nasional
2. Peraturan Pemerintah No.25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan
Kewenangan Provinsi sebagai daerah otonom.
1.3 Tujuan
Dengan pengajuan permohonan ini, kami memiliki tujuan :
a. Mencegah terjadinya tertinggalnya perkembangan ilmu pengetahuan bagi siswa di
Madrasah / Sekolah.............
b. Meningkatkan semangat belajar memfasilitasi sarana dan prasarana
c. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam melayani kebutuhan pendidikan
bagi siswa di masa sekarang dan di masa yang akan datang
Dalam mencapai tujuan pendidikan, untuk itu diperlukan sarana dan prasarana yang tepat dan dapat berguna mencetak generasi siswa sekolah menengah yang siap pakai dan mandiri.
Tenaga Pendidikan merupakan salah satu komponen utama dalam system pendidikan nasional, keberadaan dan peran serta tenaga kependidikan sangat menentukan keberhasilan tercapainya tujuan pendidikan. Sebagaimana digariskan dalam UU No.2 tahun 1989 Tentang Pendidikan Nasional yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki sikap yang mantap dan mandiri serta bertanggungjawab.
Adapun untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya perlu ditingkatkan SDM bagi siswa Madrasah/ Sekolah .................... sekaligus memeradayakan professionalism dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional.
Melihatkan kebutuhan fakta diatas, maka kami Kepala Madrasah/ Sekolah ................ datang mengajukan proposal pengadaan meubelair untuk pelaksanaan tahun Pelajaran 2019-2020.
BAB II
PROFIL MADRASAH / SEKOLAH
A. DATA MADRASAH/SEKOLAH
Nama Madrasah/Sekolah : .......................
Tahun Berdiri : .......................
Nomor Statistik Madrasah/Sekolah : .......................
NPSN : .......................
Alamat : .......................
Kode POS : .......................
Kabupaten/ Kota : .......................
Provinsi : .......................
Letakgeografis : .......................
No. Telpephon/ HP : .......................
Alamat Email : .......................
No. Rekening Bank : .......................
Nama bank : .......................
RekeningAtasNama : .......................
NamaKepala Madrasah / Sekolah : .......................
Status Madrasah : Swasta / Negeri
Status Kepemilikan : .......................
Nama yayasan : .......................
No. SK Izin Pendirian : .......................
Akreditasi : .......................
SK TerakhirAkreditasi : .......................
Status Mutu : SPM
WaktuPenyelenggaraan : Pagi
B. Visi dan Misi Madrasah
Visi “ .......................................................................................................... ”
Misi
1. ........................................
2. ........................................
3. ........................................
4. ........................................
5. ........................................
6. ........................................
dst.........
C. Tujuan Madrasah
1. ........................................
2. ........................................
3. ........................................
4. ........................................
5. ........................................
6. ........................................
dst.........
D. Startegi
1. Penataan kelembagaan
- Memperluas visi dan misi Madrasah/Sekolah, sehingga dihayati dan
diosialisaaikan secara menyeluruh oleh suruh staf tenaga kependidikan
di Madrasah/ Sekolah ....
- Menyempurnakan struktur Madrasah/Sekolah melalui pembagian tugas
fungsi dan peranannya.
- Menyamakan persepsi dalam mengupayakan optimalisasi program Madrasah
/ Sekolah
2. Peningkatan sumber daya manusia (SDM)
- Pembinaan guru sebagai tenaga edukatif dengan peningkatan kemampuan
profesionalnya sebagai guru melalui penataran dan MGMP
- Pendayagunaan staf tenaga kependidikan secara optimal dan meningkatkan
kesejahteraan secara materi maupun physikis
3. Siswa
- Penerimaan siswa berdasarkan kualitas dan kuantitas Terutama bagi siswa Yatim,
Piatu, Yatim Piatu, Kurang mampu dan siswa yang mondok di pesantren terdekat
dibebaskan dari segala macam pungutan operasional madrasah/sekolah............
- Pembinaan melalui kegiatan OSIS, Pramuka, Paskibra, dan ekstrakulikuler lainnya
- Peningkatan nilai religius melalui pengamalan kehidupan beragama dalam kegiatan
sehari-hari
- Memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu/ miskin
4. Pendanaan dan Pembiayaan
- Tersususnnya RAKM/RKAS yang realistis dan programatis
- Mengefektifkan dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) artinya siswa
dibebaskan dari segala macam pungutan (Gratis) bagi seluruh siswa
- Mengajukan permohonan bantuan dana pendidikan bagi siswa dan bagi pendidik
dan tenaga kependidikan kepada institusi swasta, donator yang tidak mengikat dan pemerintah
E. Input Madrasah
1. Data Siswa
Keadaan siswa Tahun Pelajaran 2018/2019
Jumlah Siswa
|
Tingkat Kelas
|
Jumlah
|
Usia
|
7 |
8 |
9 |
7+8+9 |
<13 |
=13-15 |
>15 |
.............. |
.............. |
.............. |
.............. |
.............. |
.............. |
.............. |
2. Data Kepegawaian
NOMOR
|
JABATAN
|
JUMLAH
|
PNS |
PTT |
GTT |
GTY |
JUMLAH |
1.
|
Kepala Sekolah/Madrasah
|
........ |
........ |
........ |
........ |
........ |
2.
|
Guru
|
........ |
........ |
........ |
........ |
........ |
3.
|
TU
|
........ |
........ |
........ |
........ |
........ |
4.
|
Pesuruh
|
........ |
........ |
........ |
........ |
........ |
JUMLAH
|
........ |
........ |
........ |
........ |
........ |
3. Data Sarana dan Prasarana
Sarana yang digunakan di Madrasah / Sekolah ............ mencakup alat-alat yang digunakan untuk administrasi, kegiatan belajar mengajar, penelitian dan sebagainya. Sedangkan prasarana yang ada meliputi : Tanah, gedung, taman dan lapang.
1.
Data Lahan dan Bangunan Madrasah\ Sekolah
a.
Luas Lahan Madrasah Seluruhnya
= 2500 m2
b.
Luas Bangunan
= 1510 m2
c.
Luas Lahan Belum Terbangun
= 990 m2
d.
Status Kepemilikanlahan Madrasah :
( ) Sertifikat, dengan luas lahan
= m2
( √ ) Akte dengan Luas lahan
= 2500 m2
( ) Sewa, dengan Luas Lahan
=
e. Keadaan Sarana Milik Madrasah / Sekolah
JENIS SARANA
|
JML
RUANG
|
Kondisi Ruang*)
|
Keterangan
|
B |
RR |
RS |
RB |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada
|
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada
|
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
|
0...
|
........ |
........ |
........ |
........ |
ada/belum ada |
BAB III
RENCANA ANGGARAN BIAYA
BANTUAN SARANA MEBEULAIR
MADRASAH / SEKOLAH ..................
No.
|
Lokasi Kebutuhan
|
Jenis Perabot
|
Volume
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Jumlah | Volume |
|
Ruang Kelas
|
Kursi Siswa
|
80 |
Buah |
250.000
|
20.000.000
|
|
Ruang Kelas
|
Meja Siswa
|
40 |
Buah |
350.000
|
14.000.000
|
|
Ruang Kelas
|
Kursi Guru
|
4 |
Buah |
500.000
|
2.000.000
|
|
Ruang Kelas
|
Meja Guru
|
2 |
Buah |
700.000
|
1.400.000
|
|
Ruang Kelas
|
Lemari
|
1 |
Buah |
2.000.000
|
2.000.000
|
|
Ruang Kelas
|
Papan Panjang
|
1 |
Buah |
200.000
|
200.000
|
|
Ruang Kelas
|
Papan Tulis
|
2 |
Buah |
200.000
|
400.000
|
Jumlah Total
|
130 |
Buah |
|
40.000.000
|
Peningkatan mutu proses belajar mengajar sangat penting guna mencapai tujuan pendidikan dan upaya mewujudkan lulusan yang cerdas, mandiri, beriman dan bertakwa. Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, maka kecukupan dan kelayakan sarana dan prasarana pendidikan adalah pilihan utama dan merupakan jawaban atas rendahnya mutu pembelajaran.
Komitmen pemerintah dan CSR dari berbagai Perusahaan yang kuat dan perhatian yang besar terhadap pendidikan yang telah diwujudkan melalui berbagai macam kegiatan dan program yang diantaranya program peningkatan mutu sarana dan prasarana.
Proposal yang diajukan ini, merupakan sambutan hangat masyarakat atas komitmen dan perhatian yang begitu besar terhadap pendidikan. Berdasarkan analisis kondisi sekolah pendanaan Perencanaan Pengadaan sarana mebeulairTahun 2019 sangat dibutuhkan dan sangat layak untuk diperhatikan.
Walaupun kami sadar bahwa penyusunan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, namun besar harapan kami semoga dapat dijadikan acuan bagi kami sebagai penyelenggara pendidikan secara gratis kepada seluruh siswa dan siswi Madrasah/Sekolah Kabupaten ............. Propinsi ..............
Besar harapan kami Melalui CSR dari BANK INDONESIA berharap dapat membantu kebutuhan pengadaan Sarana Tersebut diatas.
Demikian proposal pengadaan sarana mebeulair Madrasah / Sekolah ................ ini kami buat, mudah-mudahan semua niat baik kita mendapatkan Ridhlo dari Allah SWT, Aamiin.
Kabupaten , 3 Juni 2019
Kepala Madrasah,
_______________
NIP.
Sekian postingan usbfile kali ini tentang Contoh Format Proposal Permohonan Bantuan Pengadaan Meubelair Madrasah Sekolah 2019/2020. semoga bermanfaat...
terimakasih telah mampir di blog kami...